Skip to main content

Cara Membaca dan Reset Kedipan MIL Honda PGM FI


Reset Kedipan MIL Honda Injeksi



Era motor injeksi sudah dimulai dan sudah selayaknya seluruh elemen pecinta teknologi sepeda motor mengetahui dan teredukasi teknik secara baik mengenai produk knowledge motor sistem injeksi.


Mal fungsi pada sepeda motor dengan system PGM FI bisa dideteksi dengan menyalanya lampu MIL ( Malfunction Indicator Lamp) pada dashboard. Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. Satu kedipan panjang dihitung 10, dan untuk kedipan cepat dihitung 1. Nyala lampu tersebut berulang secara periodic dengan kedipan yang sama.
Setiap kedipan sesuai dengan jenis kerusakan pada motor. Untuk motor Supra X Helm In PGM Fi  muncul 3 kali kedipan, jarak antar kedipan selang waktu nya sama atau berbeda?
Kalau 1 kedipan berlangsung agak lama, kemudian disusul 2 kedipan cepat, berarti jumlah 12 kedipan. Mal fungsi terdapat pada Injector. Mal fungsi tersebut bisa karena arus yang masuk ke injector kurang atau putus, terjadi hubungan singkat di kabel injector, atau yang fatal Injector mengalami kerusakan.
Untuk lebih jelasnya  bisa cek ke Ahass setempat untuk pengecekan lebih lanjut, karena untuk memperbaiki system PGM FI menggunakan alat khusus.


Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing cara mudah melakukan reset sistem memori ECM "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" pada sepeda motor honda sistem injeksi. Berdasar pengalaman selama beberapa tahun menjadi teknisi / mekanik, saya masih melihat bahwa sebagian besar konsumen pecinta sepeda motor Honda belum mencatat secara baik tentang teknologi injeksi ini. Karena untuk mengetahui gejala kerusakan secara dini dari data kedipan lampu MIL (Malfunction Indikator Lamp) yang sudah disediakan oleh Honda pada panel speedometer saja lumayan masih kebingungan. Padahal dengan mengetahui sinyal kedipan MIL para teknoker injeksi akan lebih care dalam merawat sepeda motornya.


Sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu cara membaca kedipan MIL :

Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Contoh :
jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh) ; jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas).
Error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik.


OK, berikut beberapa indikator error sistem injeksi yang mampu ditangkap oleh MIL, diantaranya :
Kedipan   1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan   7 = Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Kedipan   8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan   9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Cara "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" :
A. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu
B. Langkah Reset :

Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
Matikan kunci kontak ke “ OFF  “
Pasang DLC Shorts Connector
Putar kunci kontak ke  “ ON “



Lanjutannya ...
Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
Putar kunci kontak ke “ OFF  “
Lepas DLC Shorts Connector
Putar Kunci Kontak ke “ ON “
Selesai
Berikut gambar Tools DLC Shorts Connector :



Semoga sharing ini bisa membantu para pecinta Sepeda Motor Honda Injeksi, dilain kesempatan saya akan sharing mengenai sistem injeksi sepeda motor yamaha dan lainnya.
Untuk pemesanan tools silakan lihat halaman produk dan halaman order pada blog ini.




TROUBLE SHOOTING SUPRA X 125 R PGM-FI

BERDASARKAN MIL
Sistem injeksi menawarkan banyak kemudahan bagi mekanik maupun pengguna, istilahnya user friendlyDiantara bentuk kemudahan tersebut adalah dengan adanya MIL (Malfunction Indicator Lamp) sebenarnya pengguna sepeda motor PGM-FI injeksi bisa melakukan self trouble shooting ( trouble shooting mandiri), meskipun pada akhirnya pengguna rata2 tidak mau repot dan tetap menjadi pekerjaan mekanik.
JUMLAH KEDIPAN LAMPU
ALOKASI KERUSAKAN KOMPONEN
12 kedipan
Injektor
54 kedipan
Bank Angle Sensor (sistem safety)
7 kedipan
Oil Temp
1 kedipan
Manifold abs. Pressure
8 kedipan
Throttle Position
9 Kedipan
Intake Air Temp
33 kedipan
ECM
Berikut ini kode kerusakan dengan MIL dan alokasi kerusakannya pada supra PGMFI :
Spesifikasi penting yang bisa digunakakan untuk membantu trouble shooting:
  1. Idle speed atau stationer 1.400±100 (rpm)
  2. Tekanan bensin 294 kPa (3.0kgf/cm²,43 psi)
  3. EOT (Engine Oil Temperature) 20°C-100°C
  4. Stelan katub in/ex 0.05 mm ±0.02
  5. Tekanan kompresi 1.275 kPa
Referensi :
Anonim. (tt), “Panduan Penjualan Supra X 125R PGM-FI
Anonim.(tt), “ Buku Manual Supra X 125R PGM-FI

Comments

  1. Untuk menjemper di conektor DLC warna apa gan yg harus di jemper

    ReplyDelete
  2. gan d mana ya... kalo ane pengen beli
    DLC Shorts Connector?
    boleh juga tuh... d praktekin.

    ReplyDelete
  3. di short kan pake pinset bisa gak

    ReplyDelete
  4. mohon agan2 bantu ane...lampu MIL-nya ga nyala sama sekali...terus pas di kick starter...gabisa nyala motornya..kenapa ya??ada yang pernah mengalami?

    ReplyDelete
  5. Gan,, mau tanya nih.
    kalau beli selang bensin buat motor spacy PGM FI di mana ya?
    saya nyari2 di AHAS katanya harus pesan dulu, dan itu lama. Bisa lebih dari 1 atau 2 bulan..
    Penting nih.. soalnya selang bensin motor ane bocor digigit tikus..

    ReplyDelete
  6. gan gmn cara mengatasi ECT vario terllu tinggi

    ReplyDelete
  7. Kalo kedipan panjang 5x kedipan penek 2x itu bacanya 52 ya gan.itu yg rusak bagian apanya ya.di stater gak bisa d slah kabel coilnya gak ngeluarin api

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah baca kode kali...?
      Klo kode 54 artinya BAS (bank angel sensor/sensor kemiringan)
      55 derajat sebelum posisi motor jatuh terkapar, BAS memutuskan aliran listrik yg ke injektor, fuel pump, dan koil.

      Klo kasus seperti itu, biasanya sensor BAS nya macet ato kabelnya tidak terpasang sempurna. Kemungkinan juga kabelnya putus

      Delete
  8. gan numpng tanya nii motor saya beat 2013 kl lg jalan MIL kok nyala terus knp yooo tanks

    ReplyDelete
  9. - Scanner Honda HiDS Starnics (versi dealer)
    - Scanner Yamaha FiDT Original (versi dealer )
    - Scanner Yamaha FiDT Original (versi dealer PC)
    - Scanner Yamaha FiDT Silver
    - Scanner Yamaha laptop Iquteche
    - Scanner Honda laptop Iquteche
    - Scanner UNIVERSAL SN1: (honda,yamaha,suzuki,dll tanpa kawasaki)
    - Scanner UNIVERSAL SN2: (honda suzuki yamaha kawasaki,dll. (9 juta )
    - Scanner UNIVERSAL Sn3: (honda yamaha suzuki kawsaki(engine,super charge,abs,tpms,immobilizer)-dll

    - Kawasaki Diagnostic PC version Support All tipe
    - INJECTOR TESTER dan CLEANER
    - ECM tester
    - FUEL PRESSURE TESTER
    - CDI,COIL,KIPROK,BUSI TESTER
    - FUEL ADJUSTER
    - Modul Pengapian XP IM8
    - Koil XP Boost
    - ECM / ECU Racing BRT
    - CDI Racing BRT
    - Kabel Scanner Honda HIDS
    - Avometer Digital
    - DLC Short Connector
    - Connector Reset TP

    ## Part Injeksi ##

    *Motor Fuel Pump
    *Selang Injeksi
    *Injector
    *Connector Injector
    *Sensor TP (Throttle Position Sensor)
    *Sensor IACV (Idle air Control Valve)Cuk Otomatis)
    *Sensor ISC (Idle Speed Control)lngsam Otomatis)
    *Dan lain-lain

    FOR ALL TIPE READY STOCK .

    Bila anda minat hubungi saya :)
    CALL : 085795240021
    BBM : 25ACE050

    DRS MOTOR (https://www.facebook.com/DRSMOTORINJECTION)
    Alamat : Kp. Jambudipa RT/RW : 02/02 Kec.Warungkondang Kab.CIANJUR JAWA BARAT 43261

    ReplyDelete
  10. Numpang Tanya nih gan.., kalo tanda kedip nya yg pertama lama lalu kedipan kedua nya cepat tuh baca nya sebelas 11 kan.. tapi di buku panduan MIL untuk honda PGM FI gak ada.. tanda kedip tersebut muncul saat motor panas... itu aja kok.. ada yang pernah ngalami!! Thanks...

    ReplyDelete
  11. Tapi bnr gan ane baca d smua artikel emang ga ada 52 kedipan tapi ane brapa kali nemuin d bengkel ane 52 x ngedip,emang stater ga bisa d selah susah tapi ane coba ganti aki bro dan alhamdulilah motor nyala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 52 kedipan.itu sensor ckp ,biasanya ada kabel.yg putus atau bagian spull arau pulser yg rusak semoga membantu

      Delete
    2. Kadang 52 juga bisa aki yang sudah harus diganti

      Delete
  12. Numpang kasih solusi gan..
    aneh punya motor supra x 125 PGM F1..
    Sudah 3 tahun ini motor gak bisa digas merebet terus gak bisa jalan sama sekali terpaksa didalam gudang.. udah dibawak kedeler terdekat tapi hasilnya nihil.. kalau ada yang bisa ngasih solusi kira2 apa yang harus dibenarin..

    ReplyDelete
  13. Mas coba minta dicek pompa bensinnya,diahass atau bisa mas cek sendiri dengan cara cabut selang yg menuju injektor siapkan gelas ukur lalu putar kunci kotak on off khan slama 5 kali apabila pompa baik biasanya bensin yg keluar lebih dri 98 cc digelas ukur,atau bisa juga dri budi,aki,atau injektornya bermasalah

    ReplyDelete
  14. Mas mau tanya motor dipake jalan normal terus mati di nyalain lagi normal lagi terus mati lagi dst.. Dan sekarang kedip 7 kali dan gak bisa setater mohon bantuan nya #salamsatuhati

    ReplyDelete
  15. Om kedip 7 kali kan EOT. Nah yang di perbaikinya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengecekan sensor eot http://www.kum3n.com/2017/08/mengatasi-trouble-kedipan-mil-7-sensor.html

      Delete
  16. Siang gan, Mau tanya dong untuk PGM saya motor Honda BeAT PGM Fi ESP , ini saya pernah konslet dan ternyata lampu spedo ga mau mati meskipun kunci kontak OFF . saya mau tanya untuk memperbaiki kerusakan sistem injeksi nya seperti apa ya ? itu tidak harus mengganti ECU nya kan ? Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Itu hanya pendapat saya lho... Bagaimana pendapat anda ?

Popular posts from this blog

Supra X 125 PGM-FI Helm In Injeksi Harus Pakai Pertamax

Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax? Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1? Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Supra X 125 PGM FI Helm In  masih memiliki perbandingan kompresi 9,3:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium. Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya. Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini. Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana. Jadi kesimpulannya penggunaan premium un

Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Motor PGM-FI

Sepeda Motor injeksi terkenal minim perawatan, terutama komponen penyuplai bahan bakar dan udara nya. Dari pabriknya mur-baut stasioner ditandai pakai cat agar tidak di setel. Kendalanya kalau tatakan ujung baut penyetel stasioner mulai terkikis dan berlubang akibat throttle gas sering dibukatutup. Seperti terjadi di Honda Supra Injeksi atau Supra X 125 PGM-FI. Saat permukaan tatakan mulai berubah. Putaran mesin saat idle atau tanpa beban jadi turun menyesuaikan posisi katup buluh di throttle body yang agak tertutup hingga mempengaruhi aliran gas bakar. Dengan begitu, motor injeksi pun sulit langsam atau sulit idle. “Kalau memang sudah sulit langsam, seting ulang saja dari mur-baut stasioner yang posisi awalnya dikontra dan ditandai cat agar tidak diutak-atik pada awal motor ini diluncurkan,” ujar Fajar Jaka Mursena, mekanik MBG dari Pondok Kopi, Jakarta Timur. Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Adapun cara untuk memperbaiki atau mengatur putaran

SETTING / POWER TUNE ECU MODE ALTITUDE HONDA SUPRA PGM FI

Cara memperbaiki tenaga putaran bawah hingga menengah Honda Supra PGM FI ada 2 metode: I. Ganti Gear Belakang roda motor anda dengan angka yang lebih tinggi sekitar +2 hingga +4 dari gear belakang standard pabrikan. Metode ini mudah, cepat tetapi memerlukan biaya pembelian sebuah spare part gear roda belakang. Gear yang digunakan tidak harus asli buatan ASTRA Honda Motor. Gear imitasi pun oke, asal angkanya lebih besar daripada gear roda belakang standardnya. Serahkan kepada bengkel untuk pemasangan cepat. II. Metode yang tidak mudah, namun gratis adalah dengan cara mengubah setting mode altitude ECU (setting ketinggian geografis motor beroperasi) pada motor Honda Supra PGM FI dari Mode 2 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Mode Standardnya adalah Mode 1. Pada saat motor anda beli baru, pabrikan Honda mengasumsikan anda tinggal di medan dataran rendah, tidak di dataran tinggi / pegunungan yang kontur geografisnya menanjak dan mendaki. Berikut keterangan dan batas