Reset Kedipan MIL Honda Injeksi
Era motor injeksi sudah dimulai dan sudah selayaknya seluruh elemen pecinta teknologi sepeda motor mengetahui dan teredukasi teknik secara baik mengenai produk knowledge motor sistem injeksi.
Mal fungsi pada sepeda motor dengan system PGM FI bisa dideteksi dengan menyalanya lampu MIL ( Malfunction Indicator Lamp) pada dashboard. Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. Satu kedipan panjang dihitung 10, dan untuk kedipan cepat dihitung 1. Nyala lampu tersebut berulang secara periodic dengan kedipan yang sama.
Setiap kedipan sesuai dengan jenis kerusakan pada motor. Untuk motor Supra X Helm In PGM Fi muncul 3 kali kedipan, jarak antar kedipan selang waktu nya sama atau berbeda?
Kalau 1 kedipan berlangsung agak lama, kemudian disusul 2 kedipan cepat, berarti jumlah 12 kedipan. Mal fungsi terdapat pada Injector. Mal fungsi tersebut bisa karena arus yang masuk ke injector kurang atau putus, terjadi hubungan singkat di kabel injector, atau yang fatal Injector mengalami kerusakan.
Untuk lebih jelasnya bisa cek ke Ahass setempat untuk pengecekan lebih lanjut, karena untuk memperbaiki system PGM FI menggunakan alat khusus.
Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing cara mudah melakukan reset sistem memori ECM "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" pada sepeda motor honda sistem injeksi. Berdasar pengalaman selama beberapa tahun menjadi teknisi / mekanik, saya masih melihat bahwa sebagian besar konsumen pecinta sepeda motor Honda belum mencatat secara baik tentang teknologi injeksi ini. Karena untuk mengetahui gejala kerusakan secara dini dari data kedipan lampu MIL (Malfunction Indikator Lamp) yang sudah disediakan oleh Honda pada panel speedometer saja lumayan masih kebingungan. Padahal dengan mengetahui sinyal kedipan MIL para teknoker injeksi akan lebih care dalam merawat sepeda motornya.
Sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu cara membaca kedipan MIL :
Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Contoh :
jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh) ; jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas).
Error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik.
OK, berikut beberapa indikator error sistem injeksi yang mampu ditangkap oleh MIL, diantaranya :
Kedipan 1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan 7 = Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Kedipan 8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan 9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)
Cara "Reset Kedipan MIL Honda Injeksi" :
A. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu
B. Langkah Reset :
Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
Matikan kunci kontak ke “ OFF “
Pasang DLC Shorts Connector
Putar kunci kontak ke “ ON “
Lanjutannya ...
Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
Putar kunci kontak ke “ OFF “
Lepas DLC Shorts Connector
Putar Kunci Kontak ke “ ON “
Selesai
Berikut gambar Tools DLC Shorts Connector :
Semoga sharing ini bisa membantu para pecinta Sepeda Motor Honda Injeksi, dilain kesempatan saya akan sharing mengenai sistem injeksi sepeda motor yamaha dan lainnya.
Untuk pemesanan tools silakan lihat halaman produk dan halaman order pada blog ini.
TROUBLE SHOOTING SUPRA X 125 R PGM-FI
BERDASARKAN MIL
Sistem injeksi menawarkan banyak kemudahan bagi mekanik maupun pengguna, istilahnya user friendly. Diantara bentuk kemudahan tersebut adalah dengan adanya MIL (Malfunction Indicator Lamp) sebenarnya pengguna sepeda motor PGM-FI injeksi bisa melakukan self trouble shooting ( trouble shooting mandiri), meskipun pada akhirnya pengguna rata2 tidak mau repot dan tetap menjadi pekerjaan mekanik.
JUMLAH KEDIPAN LAMPU
|
ALOKASI KERUSAKAN KOMPONEN
|
12 kedipan
|
Injektor
|
54 kedipan
|
Bank Angle Sensor (sistem safety)
|
7 kedipan
|
Oil Temp
|
1 kedipan
|
Manifold abs. Pressure
|
8 kedipan
|
Throttle Position
|
9 Kedipan
|
Intake Air Temp
|
33 kedipan
|
ECM
|
Berikut ini kode kerusakan dengan MIL dan alokasi kerusakannya pada supra PGMFI :
Spesifikasi penting yang bisa digunakakan untuk membantu trouble shooting:
- Idle speed atau stationer 1.400±100 (rpm)
- Tekanan bensin 294 kPa (3.0kgf/cm²,43 psi)
- EOT (Engine Oil Temperature) 20°C-100°C
- Stelan katub in/ex 0.05 mm ±0.02
- Tekanan kompresi 1.275 kPa
Referensi :
Anonim. (tt), “Panduan Penjualan Supra X 125R PGM-FI”
Anonim.(tt), “ Buku Manual Supra X 125R PGM-FI”
Untuk menjemper di conektor DLC warna apa gan yg harus di jemper
ReplyDeletegan d mana ya... kalo ane pengen beli
ReplyDeleteDLC Shorts Connector?
boleh juga tuh... d praktekin.
di short kan pake pinset bisa gak
ReplyDeletemohon agan2 bantu ane...lampu MIL-nya ga nyala sama sekali...terus pas di kick starter...gabisa nyala motornya..kenapa ya??ada yang pernah mengalami?
ReplyDeleteGan,, mau tanya nih.
ReplyDeletekalau beli selang bensin buat motor spacy PGM FI di mana ya?
saya nyari2 di AHAS katanya harus pesan dulu, dan itu lama. Bisa lebih dari 1 atau 2 bulan..
Penting nih.. soalnya selang bensin motor ane bocor digigit tikus..
gan gmn cara mengatasi ECT vario terllu tinggi
ReplyDeleteKalo kedipan panjang 5x kedipan penek 2x itu bacanya 52 ya gan.itu yg rusak bagian apanya ya.di stater gak bisa d slah kabel coilnya gak ngeluarin api
ReplyDeleteSalah baca kode kali...?
DeleteKlo kode 54 artinya BAS (bank angel sensor/sensor kemiringan)
55 derajat sebelum posisi motor jatuh terkapar, BAS memutuskan aliran listrik yg ke injektor, fuel pump, dan koil.
Klo kasus seperti itu, biasanya sensor BAS nya macet ato kabelnya tidak terpasang sempurna. Kemungkinan juga kabelnya putus
gan numpng tanya nii motor saya beat 2013 kl lg jalan MIL kok nyala terus knp yooo tanks
ReplyDelete- Scanner Honda HiDS Starnics (versi dealer)
ReplyDelete- Scanner Yamaha FiDT Original (versi dealer )
- Scanner Yamaha FiDT Original (versi dealer PC)
- Scanner Yamaha FiDT Silver
- Scanner Yamaha laptop Iquteche
- Scanner Honda laptop Iquteche
- Scanner UNIVERSAL SN1: (honda,yamaha,suzuki,dll tanpa kawasaki)
- Scanner UNIVERSAL SN2: (honda suzuki yamaha kawasaki,dll. (9 juta )
- Scanner UNIVERSAL Sn3: (honda yamaha suzuki kawsaki(engine,super charge,abs,tpms,immobilizer)-dll
- Kawasaki Diagnostic PC version Support All tipe
- INJECTOR TESTER dan CLEANER
- ECM tester
- FUEL PRESSURE TESTER
- CDI,COIL,KIPROK,BUSI TESTER
- FUEL ADJUSTER
- Modul Pengapian XP IM8
- Koil XP Boost
- ECM / ECU Racing BRT
- CDI Racing BRT
- Kabel Scanner Honda HIDS
- Avometer Digital
- DLC Short Connector
- Connector Reset TP
## Part Injeksi ##
*Motor Fuel Pump
*Selang Injeksi
*Injector
*Connector Injector
*Sensor TP (Throttle Position Sensor)
*Sensor IACV (Idle air Control Valve)Cuk Otomatis)
*Sensor ISC (Idle Speed Control)lngsam Otomatis)
*Dan lain-lain
FOR ALL TIPE READY STOCK .
Bila anda minat hubungi saya :)
CALL : 085795240021
BBM : 25ACE050
DRS MOTOR (https://www.facebook.com/DRSMOTORINJECTION)
Alamat : Kp. Jambudipa RT/RW : 02/02 Kec.Warungkondang Kab.CIANJUR JAWA BARAT 43261
Numpang Tanya nih gan.., kalo tanda kedip nya yg pertama lama lalu kedipan kedua nya cepat tuh baca nya sebelas 11 kan.. tapi di buku panduan MIL untuk honda PGM FI gak ada.. tanda kedip tersebut muncul saat motor panas... itu aja kok.. ada yang pernah ngalami!! Thanks...
ReplyDeleteTapi bnr gan ane baca d smua artikel emang ga ada 52 kedipan tapi ane brapa kali nemuin d bengkel ane 52 x ngedip,emang stater ga bisa d selah susah tapi ane coba ganti aki bro dan alhamdulilah motor nyala...
ReplyDelete52 kedipan.itu sensor ckp ,biasanya ada kabel.yg putus atau bagian spull arau pulser yg rusak semoga membantu
DeleteKadang 52 juga bisa aki yang sudah harus diganti
DeleteNumpang kasih solusi gan..
ReplyDeleteaneh punya motor supra x 125 PGM F1..
Sudah 3 tahun ini motor gak bisa digas merebet terus gak bisa jalan sama sekali terpaksa didalam gudang.. udah dibawak kedeler terdekat tapi hasilnya nihil.. kalau ada yang bisa ngasih solusi kira2 apa yang harus dibenarin..
Mas coba minta dicek pompa bensinnya,diahass atau bisa mas cek sendiri dengan cara cabut selang yg menuju injektor siapkan gelas ukur lalu putar kunci kotak on off khan slama 5 kali apabila pompa baik biasanya bensin yg keluar lebih dri 98 cc digelas ukur,atau bisa juga dri budi,aki,atau injektornya bermasalah
ReplyDeleteMas mau tanya motor dipake jalan normal terus mati di nyalain lagi normal lagi terus mati lagi dst.. Dan sekarang kedip 7 kali dan gak bisa setater mohon bantuan nya #salamsatuhati
ReplyDeleteOm kedip 7 kali kan EOT. Nah yang di perbaikinya apa ?
ReplyDeletepengecekan sensor eot http://www.kum3n.com/2017/08/mengatasi-trouble-kedipan-mil-7-sensor.html
DeleteSiang gan, Mau tanya dong untuk PGM saya motor Honda BeAT PGM Fi ESP , ini saya pernah konslet dan ternyata lampu spedo ga mau mati meskipun kunci kontak OFF . saya mau tanya untuk memperbaiki kerusakan sistem injeksi nya seperti apa ya ? itu tidak harus mengganti ECU nya kan ? Terimakasih
ReplyDelete