Skip to main content

Daya Tahan Aki Honda Supra X 125 PGM FI Helm in


Pengguna motor Honda Supra X 125 PGM FI Helm In keluaran 2012 mendapatkat failitas Auto Head lamp On, artinya lampu besar otomatis menyala sejak motor dihidupkan.. Bila motor tidak diperlakukan / digunakan dengan rutin, maka bisa-bisa motor ini mengalami masalah aki soak dan berakibat pada gangguan  pada sistem kelistrikan, motor tidak bisa start electric dan lampu tangan, lampu indikator menjadi mati. Apalagi kapasitas Aki nya hanya 3 Ampere.


1. Penyebab aki soak ada beberapa hal , misal motor jarang dipakai, sehingga tidak ada pengisian rutin pada aki saat motor nyala, sehingga arus konsumsi lebih banyak daripada arus pengisian, atau penggunaan aksesoris lampu atau klakson yang berlebihan juga mempengaruhi usia aki, namun hal ini tidak harus dituntut untuk ganti aki, karena bisa terlebih dahulu dicas menggunakan Battery Charger di bengkel AHASS atau bengkel aki, kecuali memang sudah tidak bisa dicas lagi baru diganti.

2. Ketahanan aki bergantung pada faktor penggunaan, namun untuk pemakaian normal tapa menggunakan aksesoris tambahan bisa bertahan hingga 3 atau 4 tahun , bisa juga lebih, karena tergantung pada perawatannya juga.

3. Tips sederhana agar aki lebih awet sebagai berikut:

  • Pada saat pagi hari ketika suhu udara masih dingin dan motor baru akan dipakai atau akan dihidupkan, sebaiknya start engine menggunakan starter kaki/engkol/injak. 
  • Jika motor jarang dipakai, maka rajin menyalakan dan atau mengendarai motor minimal 5 menit setiap hari. Lakukan servis rutin agar motor mudah dinyalakan sehingga proses menstarter menggunakan motor starter lebih mudah, otomatis konsumsi aki juga lebih sedikit, sebab motor stater mengkonsumsi arus yang cukup besar. 
  • Jika tegangan aki sempat dirasa menurun segera cas aki ke bengkel AHASS/bengkel khusus aki.
  • Sebaiknya tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan contohnya klakson keong, atau lampu HID, karena konsumsinya besar.

Comments

  1. Mau nanya om. Saya memakai lampu utama untuk motor supra PGM FI dengan lampu LED 10W DC. Apakah akan berpengaruh dengan sistem injeksi dan aki? lampu-lampu yang lainnya masih standar.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama pemasangan nya baik dan benar, mudah2an tidak ada kendala. Pastikan orang yang memasang mengerti kelistrikan motor. Dan nanti klo misalnya jadi pasang LED nya, saran saya dibuatkan saklar on/off terpisah untuk mencegah aki tekor saat berbarengan dengan starter motor. Semoga membantu

      Delete
    2. Sy sdh coba ganti dgn led..tinggal ganti juga sekeringnya yg mengarah ke listrik instrumen dgn fuse yg lbh besar..15A sdh cukup..aku tdk tekor kok

      Delete
  2. Honda 125 helm in sy baru 1 tahun akine wes ganti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal nya tidak seperti itu pak. Mungkin perlu koreksi dulu faktor penyebabnya, entah salah perawatan, ada kelistrikan yang terkelupas, kesalahan kontak dibiarkan on terus tanpa menghidupkan mesin, dll.
      Intinya adalah pasti ada ketidaknormalan, jadi pastikan dulu. Semoga membantu

      Delete
  3. sama bro...accu motorku supraX helm in injection baru 11 bulan sudah minta ganti. paraaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pengguna HSX Helm In 2012, sampai tahun ini belum pernah ganti aki, padahal pake klakson keong double tone dan lampu utama LED 30 Watt 2 buah.
      Sejauh ini tidak ada masalah, hanya saja saat ini memang sudah melemah listriknya, wajar karena pemakaian bertahun tahun.
      Yang perlu diperhatikan adalah perawatannya, jadi jangan salahkan motor jika kita sendiri tidak merawat dengan baik, kecuali memang sudah waktunya ganti. Thanks, cuma berbagi info aja

      Delete
  4. SupraX pgm-fi sy udah masuk 5 tahun sih, sy ga ngerti ini harus sy ganti akinya? Soalnya indikator udah ga nyala smua
    Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau semua indikator sudah gak nyala semua, sepertinya perlu perbaikan yang lumayan besar. Seharusnya lampu indikator PGMFI nya masih berfungsi untuk mendeteksi ketidaknormalan komponen. Segera bawa ke bengkel terpercaya saja.

      Delete
  5. apakah supra x helm in arus listriknya sudah dc?

    ReplyDelete
  6. O iya pgm fi sudah mengeluarkan arus dc. Tentu lampu2 harus juga yang seri dc. ...

    ReplyDelete
  7. Aki motor saya supra x 125 helm in tdk mau di starter dalam keadaan motor nyala atau tdk nyala...
    Tp dsaat motor nyala, klakson keong nya bunyi keras. Pemakaian aki sdah 5 tahun

    ReplyDelete

Post a Comment

Itu hanya pendapat saya lho... Bagaimana pendapat anda ?

Popular posts from this blog

Supra X 125 PGM-FI Helm In Injeksi Harus Pakai Pertamax

Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax? Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1? Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Supra X 125 PGM FI Helm In  masih memiliki perbandingan kompresi 9,3:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium. Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya. Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini. Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana. Jadi kesimpulannya penggunaan premium un

Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Motor PGM-FI

Sepeda Motor injeksi terkenal minim perawatan, terutama komponen penyuplai bahan bakar dan udara nya. Dari pabriknya mur-baut stasioner ditandai pakai cat agar tidak di setel. Kendalanya kalau tatakan ujung baut penyetel stasioner mulai terkikis dan berlubang akibat throttle gas sering dibukatutup. Seperti terjadi di Honda Supra Injeksi atau Supra X 125 PGM-FI. Saat permukaan tatakan mulai berubah. Putaran mesin saat idle atau tanpa beban jadi turun menyesuaikan posisi katup buluh di throttle body yang agak tertutup hingga mempengaruhi aliran gas bakar. Dengan begitu, motor injeksi pun sulit langsam atau sulit idle. “Kalau memang sudah sulit langsam, seting ulang saja dari mur-baut stasioner yang posisi awalnya dikontra dan ditandai cat agar tidak diutak-atik pada awal motor ini diluncurkan,” ujar Fajar Jaka Mursena, mekanik MBG dari Pondok Kopi, Jakarta Timur. Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Adapun cara untuk memperbaiki atau mengatur putaran

SETTING / POWER TUNE ECU MODE ALTITUDE HONDA SUPRA PGM FI

Cara memperbaiki tenaga putaran bawah hingga menengah Honda Supra PGM FI ada 2 metode: I. Ganti Gear Belakang roda motor anda dengan angka yang lebih tinggi sekitar +2 hingga +4 dari gear belakang standard pabrikan. Metode ini mudah, cepat tetapi memerlukan biaya pembelian sebuah spare part gear roda belakang. Gear yang digunakan tidak harus asli buatan ASTRA Honda Motor. Gear imitasi pun oke, asal angkanya lebih besar daripada gear roda belakang standardnya. Serahkan kepada bengkel untuk pemasangan cepat. II. Metode yang tidak mudah, namun gratis adalah dengan cara mengubah setting mode altitude ECU (setting ketinggian geografis motor beroperasi) pada motor Honda Supra PGM FI dari Mode 2 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Mode Standardnya adalah Mode 1. Pada saat motor anda beli baru, pabrikan Honda mengasumsikan anda tinggal di medan dataran rendah, tidak di dataran tinggi / pegunungan yang kontur geografisnya menanjak dan mendaki. Berikut keterangan dan batas