Supra X 125 PGM-FI Helm In Injeksi Harus Pakai Pertamax


Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax?

Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1?

Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Supra X 125 PGM FI Helm In  masih memiliki perbandingan kompresi 9,3:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium.

Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya.

Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini.

Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana.

Jadi kesimpulannya penggunaan premium untuk motor injeksi dengan compression ratio hingga 9,5:1 masih fine-fine aja menurut saya.

Oh ya, PGM-FI memiliki kepanjangan Programmable Fuel Injection maksudnya bahwa motor tersebut menggunakan sistem injeksi bahan bakar yang terprogram.
ShowHideComments