Skip to main content

SETTING / POWER TUNE ECU MODE ALTITUDE HONDA SUPRA PGM FI

Cara memperbaiki tenaga putaran bawah hingga menengah Honda Supra PGM FI ada 2 metode:

I. Ganti Gear Belakang roda motor anda dengan angka yang lebih tinggi sekitar +2 hingga +4 dari gear belakang standard pabrikan. Metode ini mudah, cepat tetapi memerlukan biaya pembelian sebuah spare part gear roda belakang. Gear yang digunakan tidak harus asli buatan ASTRA Honda Motor. Gear imitasi pun oke, asal angkanya lebih besar daripada gear roda belakang standardnya. Serahkan kepada bengkel untuk pemasangan cepat.

II. Metode yang tidak mudah, namun gratis adalah dengan cara mengubah setting mode altitude ECU (setting ketinggian geografis motor beroperasi) pada motor Honda Supra PGM FI dari Mode 2 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Mode Standardnya adalah Mode 1. Pada saat motor anda beli baru, pabrikan Honda mengasumsikan anda tinggal di medan dataran rendah, tidak di dataran tinggi / pegunungan yang kontur geografisnya menanjak dan mendaki. Berikut keterangan dan batas ketinggian tiap setelan mode.

a. Mode #1 : Untuk dataran dengan ketinggian 0-1000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
b. Mode #2 : Untuk dataran dengan ketinggian 1000-2000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #3 : Untuk dataran dengan ketinggian 2000-3000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
d. Mode #4 : Untuk dataran dengan ketinggian 3000-4000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)

Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin boros bahan bakar di motor PGM FI anda.
Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin besar tenaga di putaran bawah hingga menengah di motor Honda PGM FI anda.

Alat-alat yang diperlukan adalah obeng kembang dan seuntas kabel pendek. Obeng untuk melepas baut body yang menutupi socket DLC, dan seutas kabel untuk menjumper Pin pada  DLC. Berikut  cara mengatur mode altitude motor honda :

1. Cari letak posisi socket DLC pada motor anda, kalo vario injeksi di belakang casing dibelakang plat nomor depan, dengan melepas 2 baut yang terpasang di body, kalo honda beat FI di bawah jok, dengan melepas 2 baut juga.

2. Jumper DLC, caranya perhatikan gambar dibawah ini.




3. Stel Mode Altitude 

A. MODE #1 :


  1. Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
  2. Putar kunci kontak ke OFF
  3. Pastikan DLC sudah dijumper
  4. Buka handle gas penuh, dan tahan
  5. Putar kunci kontak ke posisi ON
  6. MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat.
  7. Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat, tutup handle gas, dan tahan selama lebih dari 3 detik


Catatan :
  1. Jika MIL tidak mulai berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke OFF dan coba lagi.
  2. Jika anda tidak dapat mengulang kembali prosedur, periksa ulang apakah kode kerusakan tidak tersimpan di ECM.
  3. Jika kode kerusakan tidak tersimpan akan tetapi anda masih tidak dapat mengulang lagi prosedur, ganti ECM dengan yang bagus dan coba lagi.
  4. Jika MODE #1 berhasil diatur, MIL akan berkedip-kedip dengan satu kedipan pendek berulang. Jika pola berhasil terlihat, putar kunci kontak ke posisi OFF
  5. Lepaskan kabel yang terpasang di socket DLC, dan rapikan bodi kendaraan
  6. Periksa putaran stasioner (Standar 1700 Rpm pada suhu 20 derajat celsius)



MODE #2/3/4 :

  1. Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
  2. Putar kunci kontak ke OFF
  3. Pastikan DLC sudah dijumper
  4. Buka handle gas penuh dan tahan
  5. Putar kunci kontak ke posisi ON, MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat. Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat dimulai, hentakan handle gas dengan cepat (tutup selama 0,5 detik/buka selama 0,5 detik) sejumlah sesuai spesifikasi, kemudian tutup dan tahan selama lebih dari 3 detik.
  6. Jika MIL tidak berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi OFF dan coba lagi


Perbedaan saat penyetelan cuma pada berapa putaran handle gas, berikut keterangannya

MODE #2 : Hentakan handel gas sebanyak 1 kali
MODE #3 : Hentakan handle gas sebanyak 2 kali
MODE #4 : Hentakan handle gas sebanyak 3 kali


Thanks to : diy4all.wordpress.com dan ridertua.com

Comments

Popular posts from this blog

Supra X 125 PGM-FI Helm In Injeksi Harus Pakai Pertamax

Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax? Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1? Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Supra X 125 PGM FI Helm In  masih memiliki perbandingan kompresi 9,3:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium. Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya. Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini. Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana. Jadi kesimpulannya penggunaan premium un

Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Motor PGM-FI

Sepeda Motor injeksi terkenal minim perawatan, terutama komponen penyuplai bahan bakar dan udara nya. Dari pabriknya mur-baut stasioner ditandai pakai cat agar tidak di setel. Kendalanya kalau tatakan ujung baut penyetel stasioner mulai terkikis dan berlubang akibat throttle gas sering dibukatutup. Seperti terjadi di Honda Supra Injeksi atau Supra X 125 PGM-FI. Saat permukaan tatakan mulai berubah. Putaran mesin saat idle atau tanpa beban jadi turun menyesuaikan posisi katup buluh di throttle body yang agak tertutup hingga mempengaruhi aliran gas bakar. Dengan begitu, motor injeksi pun sulit langsam atau sulit idle. “Kalau memang sudah sulit langsam, seting ulang saja dari mur-baut stasioner yang posisi awalnya dikontra dan ditandai cat agar tidak diutak-atik pada awal motor ini diluncurkan,” ujar Fajar Jaka Mursena, mekanik MBG dari Pondok Kopi, Jakarta Timur. Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Adapun cara untuk memperbaiki atau mengatur putaran