Skip to main content

SETTING / POWER TUNE ECU MODE ALTITUDE HONDA SUPRA PGM FI

Cara memperbaiki tenaga putaran bawah hingga menengah Honda Supra PGM FI ada 2 metode:

I. Ganti Gear Belakang roda motor anda dengan angka yang lebih tinggi sekitar +2 hingga +4 dari gear belakang standard pabrikan. Metode ini mudah, cepat tetapi memerlukan biaya pembelian sebuah spare part gear roda belakang. Gear yang digunakan tidak harus asli buatan ASTRA Honda Motor. Gear imitasi pun oke, asal angkanya lebih besar daripada gear roda belakang standardnya. Serahkan kepada bengkel untuk pemasangan cepat.

II. Metode yang tidak mudah, namun gratis adalah dengan cara mengubah setting mode altitude ECU (setting ketinggian geografis motor beroperasi) pada motor Honda Supra PGM FI dari Mode 2 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Mode Standardnya adalah Mode 1. Pada saat motor anda beli baru, pabrikan Honda mengasumsikan anda tinggal di medan dataran rendah, tidak di dataran tinggi / pegunungan yang kontur geografisnya menanjak dan mendaki. Berikut keterangan dan batas ketinggian tiap setelan mode.

a. Mode #1 : Untuk dataran dengan ketinggian 0-1000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
b. Mode #2 : Untuk dataran dengan ketinggian 1000-2000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #3 : Untuk dataran dengan ketinggian 2000-3000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
d. Mode #4 : Untuk dataran dengan ketinggian 3000-4000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)

Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin boros bahan bakar di motor PGM FI anda.
Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin besar tenaga di putaran bawah hingga menengah di motor Honda PGM FI anda.

Alat-alat yang diperlukan adalah obeng kembang dan seuntas kabel pendek. Obeng untuk melepas baut body yang menutupi socket DLC, dan seutas kabel untuk menjumper Pin pada  DLC. Berikut  cara mengatur mode altitude motor honda :

1. Cari letak posisi socket DLC pada motor anda, kalo vario injeksi di belakang casing dibelakang plat nomor depan, dengan melepas 2 baut yang terpasang di body, kalo honda beat FI di bawah jok, dengan melepas 2 baut juga.

2. Jumper DLC, caranya perhatikan gambar dibawah ini.




3. Stel Mode Altitude 

A. MODE #1 :


  1. Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
  2. Putar kunci kontak ke OFF
  3. Pastikan DLC sudah dijumper
  4. Buka handle gas penuh, dan tahan
  5. Putar kunci kontak ke posisi ON
  6. MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat.
  7. Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat, tutup handle gas, dan tahan selama lebih dari 3 detik


Catatan :
  1. Jika MIL tidak mulai berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke OFF dan coba lagi.
  2. Jika anda tidak dapat mengulang kembali prosedur, periksa ulang apakah kode kerusakan tidak tersimpan di ECM.
  3. Jika kode kerusakan tidak tersimpan akan tetapi anda masih tidak dapat mengulang lagi prosedur, ganti ECM dengan yang bagus dan coba lagi.
  4. Jika MODE #1 berhasil diatur, MIL akan berkedip-kedip dengan satu kedipan pendek berulang. Jika pola berhasil terlihat, putar kunci kontak ke posisi OFF
  5. Lepaskan kabel yang terpasang di socket DLC, dan rapikan bodi kendaraan
  6. Periksa putaran stasioner (Standar 1700 Rpm pada suhu 20 derajat celsius)



MODE #2/3/4 :

  1. Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
  2. Putar kunci kontak ke OFF
  3. Pastikan DLC sudah dijumper
  4. Buka handle gas penuh dan tahan
  5. Putar kunci kontak ke posisi ON, MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat. Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat dimulai, hentakan handle gas dengan cepat (tutup selama 0,5 detik/buka selama 0,5 detik) sejumlah sesuai spesifikasi, kemudian tutup dan tahan selama lebih dari 3 detik.
  6. Jika MIL tidak berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi OFF dan coba lagi


Perbedaan saat penyetelan cuma pada berapa putaran handle gas, berikut keterangannya

MODE #2 : Hentakan handel gas sebanyak 1 kali
MODE #3 : Hentakan handle gas sebanyak 2 kali
MODE #4 : Hentakan handle gas sebanyak 3 kali


Thanks to : diy4all.wordpress.com dan ridertua.com

Comments

Popular posts from this blog

Supra X 125 PGM-FI Helm In Injeksi Harus Pakai Pertamax

Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax? Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1? Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Supra X 125 PGM FI Helm In  masih memiliki perbandingan kompresi 9,3:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium. Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya. Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini. Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana. Jadi kesimpulannya penggunaan premiu...

Cara Membaca dan Reset Kedipan MIL Honda PGM FI

Reset Kedipan MIL Honda Injeksi Era motor injeksi sudah dimulai dan sudah selayaknya seluruh elemen pecinta teknologi sepeda motor mengetahui dan teredukasi teknik secara baik mengenai produk knowledge motor sistem injeksi. Mal fungsi pada sepeda motor dengan system PGM FI bisa dideteksi dengan menyalanya lampu MIL ( Malfunction Indicator Lamp) pada dashboard. Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. Satu kedipan panjang dihitung 10, dan untuk kedipan cepat dihitung 1. Nyala lampu tersebut berulang secara periodic dengan kedipan yang sama. Setiap kedipan sesuai dengan jenis kerusakan pada motor. Untuk motor Supra X Helm In PGM Fi  muncul 3 kali kedipan, jarak antar kedipan selang waktu nya sama atau berbeda? Kalau 1 kedipan berlangsung agak lama, kemudian disusul 2 kedipan cepat, berarti jumlah 12 kedipan. Mal fungsi terdapat pada Injector. Mal fungsi ...

Daya Tahan Aki Honda Supra X 125 PGM FI Helm in

Pengguna motor Honda Supra X 125 PGM FI Helm In keluaran 2012 mendapatkat failitas Auto Head lamp On, artinya lampu besar otomatis menyala sejak motor dihidupkan.. Bila motor tidak diperlakukan / digunakan dengan rutin, maka bisa-bisa motor ini mengalami masalah aki soak dan berakibat pada gangguan  pada sistem kelistrikan, motor tidak bisa start electric dan lampu tangan, lampu indikator menjadi mati. Apalagi kapasitas Aki nya hanya 3 Ampere. 1. Penyebab aki soak ada beberapa hal , misal motor jarang dipakai, sehingga tidak ada pengisian rutin pada aki saat motor nyala, sehingga arus konsumsi lebih banyak daripada arus pengisian, atau penggunaan aksesoris lampu atau klakson yang berlebihan juga mempengaruhi usia aki, namun hal ini tidak harus dituntut untuk ganti aki, karena bisa terlebih dahulu dicas menggunakan Battery Charger di bengkel AHASS atau bengkel aki, kecuali memang sudah tidak bisa dicas lagi baru diganti. 2. Ketahanan aki bergantung pada faktor penggunaan, namu...