Cara memperbaiki tenaga putaran bawah hingga menengah Honda Supra PGM FI ada 2 metode:
I. Ganti Gear Belakang roda motor anda dengan angka yang lebih tinggi sekitar +2 hingga +4 dari gear belakang standard pabrikan. Metode ini mudah, cepat tetapi memerlukan biaya pembelian sebuah spare part gear roda belakang. Gear yang digunakan tidak harus asli buatan ASTRA Honda Motor. Gear imitasi pun oke, asal angkanya lebih besar daripada gear roda belakang standardnya. Serahkan kepada bengkel untuk pemasangan cepat.
II. Metode yang tidak mudah, namun gratis adalah dengan cara mengubah setting mode altitude ECU (setting ketinggian geografis motor beroperasi) pada motor Honda Supra PGM FI dari Mode 2 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Mode Standardnya adalah Mode 1. Pada saat motor anda beli baru, pabrikan Honda mengasumsikan anda tinggal di medan dataran rendah, tidak di dataran tinggi / pegunungan yang kontur geografisnya menanjak dan mendaki. Berikut keterangan dan batas ketinggian tiap setelan mode.
a. Mode #1 : Untuk dataran dengan ketinggian 0-1000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
b. Mode #2 : Untuk dataran dengan ketinggian 1000-2000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #3 : Untuk dataran dengan ketinggian 2000-3000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
d. Mode #4 : Untuk dataran dengan ketinggian 3000-4000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin boros bahan bakar di motor PGM FI anda.
Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin besar tenaga di putaran bawah hingga menengah di motor Honda PGM FI anda.
Alat-alat yang diperlukan adalah obeng kembang dan seuntas kabel pendek. Obeng untuk melepas baut body yang menutupi socket DLC, dan seutas kabel untuk menjumper Pin pada DLC. Berikut cara mengatur mode altitude motor honda :
1. Cari letak posisi socket DLC pada motor anda, kalo vario injeksi di belakang casing dibelakang plat nomor depan, dengan melepas 2 baut yang terpasang di body, kalo honda beat FI di bawah jok, dengan melepas 2 baut juga.
2. Jumper DLC, caranya perhatikan gambar dibawah ini.
3. Stel Mode Altitude
A. MODE #1 :
Catatan :
MODE #2/3/4 :
Perbedaan saat penyetelan cuma pada berapa putaran handle gas, berikut keterangannya
MODE #2 : Hentakan handel gas sebanyak 1 kali
MODE #3 : Hentakan handle gas sebanyak 2 kali
MODE #4 : Hentakan handle gas sebanyak 3 kali
Thanks to : diy4all.wordpress.com dan ridertua.com
I. Ganti Gear Belakang roda motor anda dengan angka yang lebih tinggi sekitar +2 hingga +4 dari gear belakang standard pabrikan. Metode ini mudah, cepat tetapi memerlukan biaya pembelian sebuah spare part gear roda belakang. Gear yang digunakan tidak harus asli buatan ASTRA Honda Motor. Gear imitasi pun oke, asal angkanya lebih besar daripada gear roda belakang standardnya. Serahkan kepada bengkel untuk pemasangan cepat.
II. Metode yang tidak mudah, namun gratis adalah dengan cara mengubah setting mode altitude ECU (setting ketinggian geografis motor beroperasi) pada motor Honda Supra PGM FI dari Mode 2 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Mode Standardnya adalah Mode 1. Pada saat motor anda beli baru, pabrikan Honda mengasumsikan anda tinggal di medan dataran rendah, tidak di dataran tinggi / pegunungan yang kontur geografisnya menanjak dan mendaki. Berikut keterangan dan batas ketinggian tiap setelan mode.
a. Mode #1 : Untuk dataran dengan ketinggian 0-1000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
b. Mode #2 : Untuk dataran dengan ketinggian 1000-2000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
c. Mode #3 : Untuk dataran dengan ketinggian 2000-3000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
d. Mode #4 : Untuk dataran dengan ketinggian 3000-4000 Mdpl (Meter diatas permukaan laut)
Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin boros bahan bakar di motor PGM FI anda.
Semakin besar angka mode yang anda pilih, semakin besar tenaga di putaran bawah hingga menengah di motor Honda PGM FI anda.
Alat-alat yang diperlukan adalah obeng kembang dan seuntas kabel pendek. Obeng untuk melepas baut body yang menutupi socket DLC, dan seutas kabel untuk menjumper Pin pada DLC. Berikut cara mengatur mode altitude motor honda :
1. Cari letak posisi socket DLC pada motor anda, kalo vario injeksi di belakang casing dibelakang plat nomor depan, dengan melepas 2 baut yang terpasang di body, kalo honda beat FI di bawah jok, dengan melepas 2 baut juga.
2. Jumper DLC, caranya perhatikan gambar dibawah ini.
3. Stel Mode Altitude
A. MODE #1 :
- Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
- Putar kunci kontak ke OFF
- Pastikan DLC sudah dijumper
- Buka handle gas penuh, dan tahan
- Putar kunci kontak ke posisi ON
- MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat.
- Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat, tutup handle gas, dan tahan selama lebih dari 3 detik
Catatan :
- Jika MIL tidak mulai berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke OFF dan coba lagi.
- Jika anda tidak dapat mengulang kembali prosedur, periksa ulang apakah kode kerusakan tidak tersimpan di ECM.
- Jika kode kerusakan tidak tersimpan akan tetapi anda masih tidak dapat mengulang lagi prosedur, ganti ECM dengan yang bagus dan coba lagi.
- Jika MODE #1 berhasil diatur, MIL akan berkedip-kedip dengan satu kedipan pendek berulang. Jika pola berhasil terlihat, putar kunci kontak ke posisi OFF
- Lepaskan kabel yang terpasang di socket DLC, dan rapikan bodi kendaraan
- Periksa putaran stasioner (Standar 1700 Rpm pada suhu 20 derajat celsius)
MODE #2/3/4 :
- Putar idle air screw pada throttle sesuai spesifikasi (1700 Rpm)
- Putar kunci kontak ke OFF
- Pastikan DLC sudah dijumper
- Buka handle gas penuh dan tahan
- Putar kunci kontak ke posisi ON, MIL seharusnya menyala dan kemudian mulai berkedip dengan cepat. Dalam waktu 5 detik setelah kedipan cepat dimulai, hentakan handle gas dengan cepat (tutup selama 0,5 detik/buka selama 0,5 detik) sejumlah sesuai spesifikasi, kemudian tutup dan tahan selama lebih dari 3 detik.
- Jika MIL tidak berkedip dengan cepat, putar kunci kontak ke posisi OFF dan coba lagi
Perbedaan saat penyetelan cuma pada berapa putaran handle gas, berikut keterangannya
MODE #2 : Hentakan handel gas sebanyak 1 kali
MODE #3 : Hentakan handle gas sebanyak 2 kali
MODE #4 : Hentakan handle gas sebanyak 3 kali
Thanks to : diy4all.wordpress.com dan ridertua.com
Comments
Post a Comment
Itu hanya pendapat saya lho... Bagaimana pendapat anda ?