Skip to main content

PGM Fi Honda Motor cc kecil

kini saatnya bahas tentang PGM Fi Nya Honda untuk Motor cc kecil. Penting digaris bawahi bahwa yang kita bahas disini adalah untuk motor cc kecil ya, jadi bisa jadi agak berbeda dengan sistem injeksi motor cc besar. Okeh kita mulai  . . . Secara Umum Skema sistem Injeksi PGM Fi untuk Motor ber cc kecil Honda seperti misalnya PGM FI Step 4  hampir mirip dnegan sistem Injeksi PGM Fi motor Honda ber cc besar. So Diagram kerjanya (gambar 1) pun memang mirip mirip mas bro. Yang dilakukan oleh Honda adalah efesiensi dari beberapa sensor.


Seperti misalnya Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) yang berfungsi sebagai pendeteksi kondisi kevacuuman intake manifold dan juga pendeteksi langkah Kompresi-dekompresi, sensor ini dihilangkan dan tugas ini di switch dengan mengoptimalkan ECM (ECU)  mendeteksi proses kompresi ketika kecepatan putaran crankshaft sedikit melambat Via Sensor Crankshaft Position Sensor ( CKP ).



Ada lagi dengan dihilangkannya sensor IAT (Intake Air Temperature) dan IACV (Iddle Air Control Valve). IAT sendiri merupakan sensor yang digunakan untuk mengetahui suhu udara masuk ke intake manipold, semakin dingin suhu udara masuk maka akan semakin besar pulsa tegangan yang dikirimkan ke ECU, sehingga suplai bensin ke injector juga semakin besar. Ketidak hadiran kedua sensor ini menurut honda digantikan tugasnya dengan cara mengoptimalkan tugas sensor O2 dalam sistem Close Loop  

 pada dasarnya PGM Fi di motor cc kecil ada pengefesienan kerja sensor . . . beberapa sensor dikurangi dan tugasnya dialihkan ke sensor lain menurut honda  


 Costnya bisa lebih rendah pastinya. Yang kedua adalah dibenamkannya modul ECU pengendali ACG Starter, sehingga bro bro bisa menemukan skutik Honda bisa distarter hampir tanpa bersuara. Dan di aplikasi lebih lanjutnya adalah aplikasi Iddling stop system yang sebenarnya bisa memberikan value lebih di angka konsumesi bahan bakar .  . namuan sayang di Skutik entri level dan mid-end nggak diaplikasikan 


Comments

Popular posts from this blog

Supra X 125 PGM-FI Helm In Injeksi Harus Pakai Pertamax

Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax? Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1? Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Supra X 125 PGM FI Helm In  masih memiliki perbandingan kompresi 9,3:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium. Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya. Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini. Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana. Jadi kesimpulannya penggunaan premium un

Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Motor PGM-FI

Sepeda Motor injeksi terkenal minim perawatan, terutama komponen penyuplai bahan bakar dan udara nya. Dari pabriknya mur-baut stasioner ditandai pakai cat agar tidak di setel. Kendalanya kalau tatakan ujung baut penyetel stasioner mulai terkikis dan berlubang akibat throttle gas sering dibukatutup. Seperti terjadi di Honda Supra Injeksi atau Supra X 125 PGM-FI. Saat permukaan tatakan mulai berubah. Putaran mesin saat idle atau tanpa beban jadi turun menyesuaikan posisi katup buluh di throttle body yang agak tertutup hingga mempengaruhi aliran gas bakar. Dengan begitu, motor injeksi pun sulit langsam atau sulit idle. “Kalau memang sudah sulit langsam, seting ulang saja dari mur-baut stasioner yang posisi awalnya dikontra dan ditandai cat agar tidak diutak-atik pada awal motor ini diluncurkan,” ujar Fajar Jaka Mursena, mekanik MBG dari Pondok Kopi, Jakarta Timur. Mengatur putaran idle mesin motor injeksi dari throttle body Adapun cara untuk memperbaiki atau mengatur putaran

SETTING / POWER TUNE ECU MODE ALTITUDE HONDA SUPRA PGM FI

Cara memperbaiki tenaga putaran bawah hingga menengah Honda Supra PGM FI ada 2 metode: I. Ganti Gear Belakang roda motor anda dengan angka yang lebih tinggi sekitar +2 hingga +4 dari gear belakang standard pabrikan. Metode ini mudah, cepat tetapi memerlukan biaya pembelian sebuah spare part gear roda belakang. Gear yang digunakan tidak harus asli buatan ASTRA Honda Motor. Gear imitasi pun oke, asal angkanya lebih besar daripada gear roda belakang standardnya. Serahkan kepada bengkel untuk pemasangan cepat. II. Metode yang tidak mudah, namun gratis adalah dengan cara mengubah setting mode altitude ECU (setting ketinggian geografis motor beroperasi) pada motor Honda Supra PGM FI dari Mode 2 sampai mode 4 dengan teknik jumper pada socket DLC. Mode Standardnya adalah Mode 1. Pada saat motor anda beli baru, pabrikan Honda mengasumsikan anda tinggal di medan dataran rendah, tidak di dataran tinggi / pegunungan yang kontur geografisnya menanjak dan mendaki. Berikut keterangan dan batas