Skip to main content

PGM Fi Honda Motor cc kecil

kini saatnya bahas tentang PGM Fi Nya Honda untuk Motor cc kecil. Penting digaris bawahi bahwa yang kita bahas disini adalah untuk motor cc kecil ya, jadi bisa jadi agak berbeda dengan sistem injeksi motor cc besar. Okeh kita mulai  . . . Secara Umum Skema sistem Injeksi PGM Fi untuk Motor ber cc kecil Honda seperti misalnya PGM FI Step 4  hampir mirip dnegan sistem Injeksi PGM Fi motor Honda ber cc besar. So Diagram kerjanya (gambar 1) pun memang mirip mirip mas bro. Yang dilakukan oleh Honda adalah efesiensi dari beberapa sensor.


Seperti misalnya Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) yang berfungsi sebagai pendeteksi kondisi kevacuuman intake manifold dan juga pendeteksi langkah Kompresi-dekompresi, sensor ini dihilangkan dan tugas ini di switch dengan mengoptimalkan ECM (ECU)  mendeteksi proses kompresi ketika kecepatan putaran crankshaft sedikit melambat Via Sensor Crankshaft Position Sensor ( CKP ).



Ada lagi dengan dihilangkannya sensor IAT (Intake Air Temperature) dan IACV (Iddle Air Control Valve). IAT sendiri merupakan sensor yang digunakan untuk mengetahui suhu udara masuk ke intake manipold, semakin dingin suhu udara masuk maka akan semakin besar pulsa tegangan yang dikirimkan ke ECU, sehingga suplai bensin ke injector juga semakin besar. Ketidak hadiran kedua sensor ini menurut honda digantikan tugasnya dengan cara mengoptimalkan tugas sensor O2 dalam sistem Close Loop  

 pada dasarnya PGM Fi di motor cc kecil ada pengefesienan kerja sensor . . . beberapa sensor dikurangi dan tugasnya dialihkan ke sensor lain menurut honda  


 Costnya bisa lebih rendah pastinya. Yang kedua adalah dibenamkannya modul ECU pengendali ACG Starter, sehingga bro bro bisa menemukan skutik Honda bisa distarter hampir tanpa bersuara. Dan di aplikasi lebih lanjutnya adalah aplikasi Iddling stop system yang sebenarnya bisa memberikan value lebih di angka konsumesi bahan bakar .  . namuan sayang di Skutik entri level dan mid-end nggak diaplikasikan 


Comments

Popular posts from this blog

Supra X 125 PGM-FI Helm In Injeksi Harus Pakai Pertamax

Apakah benar untuk motor yang menggunakan sistem injeksi PGM-F1 harus menggunakan bahan bakar Pertamax? Dan apakah jika menggunakan Premium akan bermasalah? Karena selisih harganya besar sekali bagi saya. Dan apa yang dimaksud dengan PGM-F1? Pada dasarnya penggunaan Premium di motor injeksi tidak masalah, apalagi motor Supra X 125 PGM FI Helm In  masih memiliki perbandingan kompresi 9,3:1 dengan perbandingan kompresi itu masih aman menggunakan Premium. Kecuali bila compression rationya mencapai 10:1 nah itu harus pakai Pertamax, sebab kalau menggunakan premium Oktannya kurang tinggi sehingga susah hidupnya. Tentunya pabrikan sudah melakukan uji coba motor injeksi dengan Premium juga, mengingat sebagian besar pengguna motor menggunakan bahan bakar ini. Bayangkan apabila motor injeksi harus menggunakan Pertamax, bagaimana nasib teman-teman kita di daerah-daerah yang punya motor injeksi sedangkan tidak ada bahan bakar Pertamax di sana. Jadi kesimpulannya penggunaan premiu...

Cara Membaca dan Reset Kedipan MIL Honda PGM FI

Reset Kedipan MIL Honda Injeksi Era motor injeksi sudah dimulai dan sudah selayaknya seluruh elemen pecinta teknologi sepeda motor mengetahui dan teredukasi teknik secara baik mengenai produk knowledge motor sistem injeksi. Mal fungsi pada sepeda motor dengan system PGM FI bisa dideteksi dengan menyalanya lampu MIL ( Malfunction Indicator Lamp) pada dashboard. Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. Satu kedipan panjang dihitung 10, dan untuk kedipan cepat dihitung 1. Nyala lampu tersebut berulang secara periodic dengan kedipan yang sama. Setiap kedipan sesuai dengan jenis kerusakan pada motor. Untuk motor Supra X Helm In PGM Fi  muncul 3 kali kedipan, jarak antar kedipan selang waktu nya sama atau berbeda? Kalau 1 kedipan berlangsung agak lama, kemudian disusul 2 kedipan cepat, berarti jumlah 12 kedipan. Mal fungsi terdapat pada Injector. Mal fungsi ...

Daya Tahan Aki Honda Supra X 125 PGM FI Helm in

Pengguna motor Honda Supra X 125 PGM FI Helm In keluaran 2012 mendapatkat failitas Auto Head lamp On, artinya lampu besar otomatis menyala sejak motor dihidupkan.. Bila motor tidak diperlakukan / digunakan dengan rutin, maka bisa-bisa motor ini mengalami masalah aki soak dan berakibat pada gangguan  pada sistem kelistrikan, motor tidak bisa start electric dan lampu tangan, lampu indikator menjadi mati. Apalagi kapasitas Aki nya hanya 3 Ampere. 1. Penyebab aki soak ada beberapa hal , misal motor jarang dipakai, sehingga tidak ada pengisian rutin pada aki saat motor nyala, sehingga arus konsumsi lebih banyak daripada arus pengisian, atau penggunaan aksesoris lampu atau klakson yang berlebihan juga mempengaruhi usia aki, namun hal ini tidak harus dituntut untuk ganti aki, karena bisa terlebih dahulu dicas menggunakan Battery Charger di bengkel AHASS atau bengkel aki, kecuali memang sudah tidak bisa dicas lagi baru diganti. 2. Ketahanan aki bergantung pada faktor penggunaan, namu...